Selasa, 16 November 2010

Gayus Akui Pergi ke Bali




Jakarta
- Mabes Polri memilih fokus pada pembersihan internal institusinya ketimbang menanggapi pengakuan Gayus Tambunan yang melakukan wisata ke Bali. Polisi juga telah menyelidiki tahanan lain yang sering keluar masuk tahanan Mako Brimob Kepala Dua, jauh sebelum Gayus yang menyampaikannya ke publik.

"Boleh saja katakan demikian, sekarang kita lakukan penertiban ke dalam dan kita fokus dulu jangan melebar kemana-mana," ujar Kabareksrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi saat ditanya tanggapannya tentang Gayus yang mengakui bahwa dirinya pergi ke Bali.

Hal itu disampaikan Ito di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (15/11/2010).

Menurut Ito, polisi sudah melakukan langkah-langkah jauh dari apa yang disampaikan oleh Gayus Tambunan tentang lima tahanan yang sering keluar masuk tahanan Mako Brimob Kelapa Dua. "Sebelum mengaku kita sudah melakukan (pemeriksaan)," kata Ito.

Ito melanjutkan, mengaku dan tidaknya Gayus melakukan perjalanan ke Bali adalah haknya dan tidak terkait dengan fakta persidangan.

"Itu bukan fakta persidangan, kalau fakta persidangan apa yang dilakukan kita balik analisa, teknis, bukti-bukti dan sebagainya," jelasnya.

Sebagai penyidik, lanjut Ito, polisi tidak akan membuka informasi ke publik fakta-fakta yang didapatkannya dalam penyidikan. "Yang jelas dalam 10 hari berkas akan dilimpahkan," kata dia.

Sementara itu, Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Brigjen Pol I Ketut Untung Yoga menyambut baik pengakuan Gayus Tambunan. Pengakuan Gayus akan dicocokkan dengan temuan para penyidik.

"Baguslah tinggal me-matching-kan dengan temuan penyidik lainnya dan hasil keterangan asli," ujar Yoga.

0 komentar:

Posting Komentar